Strategi SEO yang Sering Terlupakan Saat Menulis Blog

SEO menjadi salah satu strategi yang sering diandalkan blogger untuk meningkatkan traffic blog. Untuk menggunakan SEO diperlukan beberapa strategi yang tepat. Oleh karena itu, blogger harus menguasai Strategi SEO dengan baik.

Apa Itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Sementara SEO sendiri merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk optimasi blog atau website. Dengan SEO memudahkan halaman blog atau website muncul di kolom pencarian google.

Saat website atau blog menempati urutan pertama di mesin pencari maka kesempatan untuk mendapatkan banyak pembaca. Apabila traffic meningkat kemungkinan mendapat adsense dari google juga cukup besar.

Pada saat menggunakan SEO, Anda harus membuat kata kunci terlebih dahulu. Sebab dengan kata kunci inilah konten Anda mudah ditemukan. Oleh karena itu, usahakan untuk riset kata kunci terlebih dahulu sebelum membuat konten blog.

Strategi SEO yang sering Terlupakan Saat Membuat Konten Blog

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa SEO harus dilakukan dengan tepat. Namun, banyak blogger yang sering melakukan beberapa kesalahan saat menggunakan SEO. Berikut kesalahan yang sering terjadi saat menerapkan strategi SEO, yakni:

1.Tidak Pernah Riset Keyword

Keyword menjadi salah satu hal penting dalam konten blog. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset keyword terlebih dahulu. Sebab pembuatan keyword tanpa riset membuat hasil blog kurang maksimal dan sepi pengunjung.

Saat ini masih banyak blogger yang tidak melakukan riset keyword. Padahal sudah banyak tools yang bisa digunakan untuk riset keyword secara gratis ataupun berbayar. Untuk itu usahakan untuk riset keyword terlebih dahulu, agar hasil konten memuaskan.

2. Tidak Mengisi Title Tags dan Meta Description

Kesalahan umum yang sering terjadi dalam menerapkan SEO yang tidak menyerukan title tags. Padahal Title tags merupakan judul yang nantinya akan muncul di kolom pencarian blog. Oleh karena itu, bagian ini harus diisi dengan benar.

Selain itu, blogger juga sering melupakan meta description. Padahal meta description merupakan deskripsi singkat tentang konten yang juga berisi keyword. Untuk mengisi bagian ini, Anda bisa membuat karangan mulai dari 100-160 karakter.

3. Penggunaan Internal Link Salah

Agar konten blog ramai pembaca, blogger sering memberikan internal link pada konten blog. Internal link sendiri merupakan sebuah tautan yang dipasang dalam konten blog, tujuannya agar pembaca bisa melihat sumber pendukung dari artikel yang Anda tulis.

Penempatan internal link juga harus tepat, guna mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, blogger sering menempatkan internal link pada kata-kata yang tidak relevan. Oleh karena itu, usahakan untuk memasang internal link di kata-kata yang relevan.

4. Melakukan Keyword Stuffing

Saat menggunakan keyword bukan berarti Anda bebas memasang keyword dalam isi konten. Sebab penggunaan keyword yang berlebihan atau keyword stuffing bisa membuat konten Anda dianggap spam oleh pihak google.

Jumlah Keyword dalam artikel berbeda-beda, hal ini tergantung panjang konten yang Anda buat. Apabila membuat konten artikel dengan panjang 1000 kata maka gunakan keyword sebanyak 8-10 kali.

5. Tidak Selektif dalam Memilih Backlink

Backlink ini dapat digunakan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan traffic blog. Namun salah memilih backlink juga dapat menurunkan traffic blog. Oleh karena itu, usahakan untuk Selektif dalam memilih backlink yang akan digunakan.

Strategi SEO yang satu ini harus dilakukan dengan tepat, guna mendapatkan hasil yang maksimal. Sebab penggunakan backlink berkualitas akan membantu meningkatkan kredibilitas konten. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih backlink yang berkualitas.

6. Asal Dalam Membuat Konten

Konten yang dibuat dengan asal-asalan tentu akan memberikan hasil yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, usahakan untuk membuat konten yang bagus dan relevan dengan keyword. Hal ini bertujuan agar konten Anda selalu diminati oleh para pembaca.

Google akan memberikan apresiasi kepada konten yang bermanfaat. Bahkan tak jarang konten bermanfaat akan muncul dalam kolom pencarian. Oleh karena itu, usahakan untuk membuat konten yang bermanfaat sesuai dengan target audience.

7. Target Audience Tidak Jelas

Strategi SEO juga harus diperhatikan dengan baik mulai dari pembuatan konten hingga publikasi konten. Sebelum membuat konten, lakukan analisis terlebih dahulu untuk menargetkan audiens. Sebab konten yang sesuai target akan lebih menguntungkan.

Apabila konten yang dibuat tidak sesuai target audiens, kemungkinan blog memiliki banyak pengunjung cukup kecil. Sebab target yang sesuai biasanya akan lebih mudah menarik perhatian banyak audiens.

Manfaat SEO Untuk Konten Blog

Setelah mengetahui kesalahan yang sering terjadi saat menerapkan strategi SEO, Anda juga harus mengetahui manfaat SEO. Hal ini bertujuan agar SEO yang diterapkan lebih optimal. Berikut beberapa manfaat SEO yang wajib diketahui, yakni:

1. Mendapatkan Traffic

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa SEO dapat meningkatkan traffic. Oleh karena itu, banyak blogger yang memanfaatkan SEO untuk membangun dan mengembangkan blog. Terlebih SEO yang optimal akan lebih menguntungkan.

Traffic sendiri menjadi salah satu hal yang penting dalam situs blog. Sebab traffic yang naik juga dapat menghasilkan uang dari adsense. Oleh karena itu, blogger selalu mengandalkan SEO untuk mendapat traffic yang tinggi.

2. Target yang Relevan

Strategi SEO yang tepat akan membuat Anda mampu mencapai target yang relevan. Sebab mesin pencari nantinya akan mengarahkan pengunjung ke situs yang diinginkan. Dengan demikian maka konten yang dibuat blogger akan sesuai target.

Saat membuat konten, usahakan memilih tema yang umum dan sering dicari oleh masyarakat. Sebab dengan cara ini peluang konten akan trending lebih besar. Oleh karena itu, usahakan untuk mengetahui hal-hal yang sering dicari masyarakat di google.

3. Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Situs Blog

Strategi SEO yang tepat dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap blog. Sehingga tidak heran jika blogger profesional selalu berusaha semaksimal mungkin dalam membuat konten. Terlebih kepercayaan pengunjung harus selalu diwujudkan.

Saat kepercayaan blog meningkat, maka konten Anda mudah diterima oleh masyarakat. Sehingga tidak heran jika situs-situs besar selalu memiliki traffic yang besar. Terlebih blog yang sudah besar, tentu dapat bersaing dengan blog milik kompetitor.

4. Dapat Digunakan Sebagai Promosi Berkelanjutan

Strategi SEO yang tepat juga bisa dimanfaatkan sebagai promosi berkelanjutan. Mengingat saat ini sudah banyak pengusaha yang mengandalkan SEO sebagai alternatif promosi. Terlebih promosi menggunakan SEO cenderung lebih hemat biaya.

Apabila menggunakan ads untuk promosi usaha, Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Hal ini tentu berbeda jika Anda menggunakan SEO. Terlebih SEO dapat digunakan selama 24 jam dengan layanan yang tidak terbatas.

Berbagai informasi tersebut harus dipahami dengan baik. Hal ini bertujuan agar strategi SEO yang Anda lakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Terlebih SEO yang dilakukan dengan tepat akan memberikan banyak manfaat.

Micro Tubs

Berbagi tips dan informasi seputar blogging,cara membuat blog, tips menulis konten,Adsense,Kisah Sukses Blogger

3 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak